Jumat, 07 Januari 2011

Jawaban Ujian Tengah Semester


1.   Teknologi informasi adalah seperangkat alat yang membantu anda bekerja dengan informasi dan melakukan tugas-tugas yang berhubungan dengan pemrosesan.
Teknologi informasi memiliki peran dan pengaruh yang sangat penting bagi kehidupan manusia dewasa ini diantaranya :
a.    TI memiliki efek besar dan dampak signifikan
b.    Struktur, manajemen organisasi, serta proses suatu kegiatan sangat dipengaruhi oleh TI

c.    TI mempengaruhi banyak aspek pekerjaan/organisasi
Teknologi informasi sangat dibutuhkan dan bermanfaat dalam berbagi bidang kehidupan manusia seperti pendidikan, ekonomi, kesehatan, kepolisian, dan didang-bidang lainnya saat ini tidak bias lepas dari teknologi informasi

2.    a. Perangkat Keras adalah bagian-bagian dari material komputer. Komponen-komponennya   mempunyai massa.
Berdasarkan fungsinya, perangkat keras komputer dibagi menjadi :
     1) Input divice (unit masukan) terdiri dari keyboard dan mouse
2) Process device (unit Pemrosesan) terdiri dari microprocessor (ALU, Internal  Communication, Registers dan control section), Unit pemrosesan sentral (CPU)/Perangkat keras: Prosesor
3) Output device (unit keluaran) terdiri dari monitor dan printer, Storage external memory terdiri dari harddisk, Floppy drive, CD ROM, Magnetic tape 4) Backing Storage ( unit penyimpanan) terdiri dari memori RAM dan ROM 5) Periferal ( unit tambahan) atau sebagai komponen yang belum ada atau tidak ada sebelumnya. Komponen Periferal ini contohnya : TV Tuner Card, Modem, Capture Card.
a.    Piranti masukan adalah piranti yang berhubungan dengan peralatan untuk memasukkan data ke dalam sistem komputer (keyboard dan mouse)
          Contoh :
1.Keyboard
Keyboard adalah Alat input yang digunakan untuk mengetik informasi ke dalam komputer dan menjalankan berbagai intruksi atau perintah ke dalam komputer. Penciptaan keyboard komputer diilhami oleh penciptaan mesin ketik yang dasar rancangannya dibuat oleh Christopher Latham tahun 1868 dan banyak dipasarkan pada tahun 1877 oleh Perusahaan Remington.

2. Mouse
Mouse pada sebuah komputer mempunyai sebuah fungsi utama yaitu menggerakkan kursor. Nah biasanya kursor ini ber gambar sebuah anak panah. Kenapa di sebut dengan sebutan mouse? jawabannya adalah karena bentuknya mirip sekali dengan tikus, dalam bahasa inggris tikus adalah mouse, Mouse emperoleh nama demikian karena kabel yang menjulur berbentuk seperti ekor tikus.
b.      Piranti keluaran atau output devise merupakan piranti keluaran hasil dari proses data atau program. Hasil keluaran tersebut dapat dibaca di layar monitor atau cetakan kertas. Hasil yang ditampilkan piranti keluaran dapat berupa teks, gambar, table, grafik bahkan foto. Ada beberapa macam piranti keluaran,misalnya :
Monitor
Bentuknya mirip televisi dan berfungsi menampilkan proses dan hasil pekerjaan komputer. Monitor komputer jaman dulu hanya hitam putih atau monochrome (terkadang dengan tulisan hijau atau orange dan latar belakang hitam). Sekarang monitor hampir semuanya berwarna dan beresolusi tinggi, sehingga kualitas gambar yang dihasilkannya juga jauh lebih bagus. Untuk sat ini monitor computer terdiri atas beberapa jenis, di antaranya :
a.       Monitor tabung layar cembung
b.      Monitor LCD (Liquid Crystal Display)


3.a.Perangkat lunak adalah
-          Program yang berisi instruksi atau perintah untuk melakukan proses pengolahan data
-          Salah satu unsur komputer yang berperan penting dalam memproses data atau memecahkan masalah
b.Program system terdiri dari :
-          Hardware (Perangkat  Keras)
-          Software (Perangkat Lunak)

b.Program aplikasi adalah Program yang digunakan khusus untuk tujuan tertentu atau program yang biasa dipakai oleh pemakai untuk melakukan tugas-tugas yang spesifik, contoh :
PC Software Characteristics
      User-friendly
      Easy
      Intuitive
      Minimum training and documentation needed to use
Software Types Packaged or Commercial
         Sold in stores, catalogs, or downloadable from the WWW
         Purchased from software publishers
         Must be installed
        Standard or custom installation
        The setup process copies some of all of the software to the hard disk
        May require the CD-ROM to be in the drive to run
Contoh perangkat lunak yang ada dipasaran misalnya microsof word, microsof eksel, anti virus, dan sebagainya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar